Home Kesehatan Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental dan Cara Menerapkannya

Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental dan Cara Menerapkannya

by Dr. Naida
Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental dan Cara Menerapkannya

Menjaga kesehatan mental adalah sebuah keharusan dan memang sangat penting. Berdasarkan data dari Kementerian Kesehatan RI, masyarakat Indonesia mengalami gangguan kejiwaan mencapai 20%. Dari data tersebut kita mengetahui bahwa ada 1 dari 5 penduduk di Tanah Air yang mengalami gangguan kejiwaan. Namun sangat disayangkan banyak orang yang masih mengabaikan akan hal ini.

Masih banyak orang yang lebih mengutamakan kesehatan tubuh dibandingkan mental, padahal keduanya sama-sama penting. Mental yang sehat akan sangat berpengaruh ke kesehatan fisik, kita pun jadi lebih produktif.

Bahkan ada penelitian yang menunjukkan bahwa dengan mental yang sehat maka perkembangan penyakit jadi melambat. Seseorang dengan jiwa yang sehat mempunyai tingkat kepuasan hidup lebih baik, lebih bahagia, dan menurunkan risiko penyakit jantung. Tentunya hal tersebut terlepas dari status merokok, status sosial, dan juga berat badan seseorang.

Apa Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental?

Dari penjelasan di atas kita mengetahui bahwa menjaga kesehatan mental sangat penting. Kesehatan mental sendiri merupakan suatu istilah yang menggambarkan kepada kita mengenai kesejahteraan dari emosional seseorang, sosial, dan psikologis.

Dari kesehatan mental ini kita bisa mengetahui bagaimana seseorang bertindak, berpikir, dan juga merasa. Kalau kesehatan mental kita terjaga dengan baik stres lebih mudah untuk ditangani, lebih mudah menentukan pilihan, dan berhubungan dengan orang lain.

Kesehatan sangat penting untuk kita jaga dalam setiap tahap kehidupan ini, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Mengapa sangat penting untuk menjaga kesehatan mental? Dengan menjaganya maka akan menstabilkan pikiran, emosi, dan juga perilaku. Sedangkan untuk manfaat lainnya bisa anda simak di bawah ini:

  • Lebih damai
  • Mengurangi perasaan cemas
  • Pikiran lebih jernih
  • Memperbaiki suasana hati
  • Meningkatkan harga diri
  • Meningkatkan hubungan dengan diri sendiri
  • Meningkatkan hubungan dengan orang lain

Bagaimana Cara Menjaga Kesehatan Mental Dengan Baik?

Melalui penjelasan di atas anda telah mengetahui betapa pentingnya menjaga kesehatan mental, dan di bawah ini kami berikan cara-cara untuk menjaganya. Mari kita simak bersama.

1. Mengelola Stres

Banyak orang yang beranggapan bahwa stres adalah hal buruk yang harus dihindari. Namun fakta di baliknya adalah tidak semua stres bersifat buruk, namun stres berkepanjangan akan mengganggu kesehatan tubuh seperti menyebabkan tekanan darah tinggi, obesitas, penyakit jantung, dan bahkan depresi.

Kelola stres dengan baik membuat kesehatan mental kita lebih terjaga. Mengelola stres bisa berbagai cara seperti menjaga pola makan, rutin berolahraga, tidur yang cukup, menyisihkan waktu untuk diri sendiri, dan menghindari obat-obatan terlarang serta alkohol.

2. Menghargai Diri Sendiri

Cara menjaga kesehatan mental yang kedua yaitu dengan menghargai diri sendiri, ini artinya anda harus menghargai kebahagiaan dan juga kesejahteraan secara keseluruhan dari anda. Ketika anda mulai menghargai diri sendiri maka ada dukungan tanpa syarat serta kepedulian yang akan anda rasakan untuk diri pribadi.

Berbagai cara dapat dilakukan untuk menghargai diri, salah satunya memenuhi kebutuhan pribadi yaitu dengan mandi meski rasanya anda sedang tidak ingin mandi, makan di waktu yang tepat walau anda juga sedang tidak ingin makan, membersihkan dan merawat diri, serta lain sebagainya.

Merupakan suatu hal penting dalam menghargai diri untuk menjaga kesehatan mental. Dengan demikian tingkat kebahagiaan dan kepuasan hidup akan meningkat.

3. Menetapkan Tujuan yang Realistis

Selanjutnya adalah dengan menetapkan tujuan yang realistis, hal ini bisa membantu anda untuk menciptakan perubahan sesuai dengan tujuan tersebut dan juga meningkatkan motivasi dalam diri. Tetapkan tujuan yang realistis agar hubungan dengan orang lain dan juga kesehatan anda lebih meningkat. Anda pun lebih produktif sehari-harinya dan ketika bekerja.

Beberapa tujuan realistis dalam menjaga kesehatan mental yang bisa anda coba adalah sebagai berikut:

  • Melatih untuk menghargai dan mencintai diri sendiri (self-love).
  • Luangkan waktu untuk menerapkan tujuan.
  • Jaga dan sayangi tubuh dengan mengonsumsi makanan sehat, melakukan perawatan sederhana, rutin olahraga, dan lain sebagainya.
  • Dapatkan dukungan dari keluarga dan teman. Anda juga bisa mulai untuk terapi jika dibutuhkan.
  • Menemukan cara baru untuk mengelola stres, depresi, atau rasa cemas berlebih.

4. Melakukan Sosialisasi

Anda dapat mencoba untuk lebih banyak bersosialisasi dalam menjaga kesehatan mental. Bersosialisasi dengan orang yang dipercaya bisa menjaga kesehatan jiwa anda. Terkadang ada orang yang akan merasa lebih baik jika sudah bersosialisasi dengan orang yang peduli dengannya.

5. Konsultasi dengan Profesional

Dan cara menjaga kesehatan mental yang terakhir yaitu dengan berkonsultasi dengan profesional. Kecemasan berlebih, stres, dan perasaan sedih berkepanjangan dapat jadi pertanda serius meski perasaan negatif terkadang wajar terjadi.

Jika diperlukan anda bisa berkonsultasi dengan profesional untuk mendapat penanganan yang tepat. Segera datangi profesional jika dirasa sulit mengendalikan emosi, depresi yang mengganggu aktivitas anda, atau rasa cemas berlebih berkepanjangan.

You may also like

Leave a Comment