Home Kesehatan 5 Manfaat Spa Bagi Tubuh, Sehat untuk Jantung

5 Manfaat Spa Bagi Tubuh, Sehat untuk Jantung

by Dr. Naida
5 Manfaat Spa Bagi Tubuh, Sehat untuk Jantung

Manfaat spa bagi tubuh ada begitu banyak, jadi tidak heran kalau banyak juga orang yang melakukan spa secara rutin. Spa memang identik bagi wanita, namun pria juga bisa mencoba spa dan mendapatkan berbagai benefit dari kegiatan tersebut.

Spa dikenal sebagai relaksasi bagi tubuh dan pikiran, di sisi lain spa juga sangat baik untuk kesehatan tubuh dan pikiran kita. Beragam manfaat spa bagi kesehatan bisa anda rasakan mulai dari hari pertama penerapannya. Sedangkan beberapa manfaat dari spa seperti mencerahkan kulit, membersihkan kulit, memberikan efek relaksasi, melancarkan peredaran darah, dan mengurangi nyeri pada sendi dan otot.

Aktivitas sehari-hari membuat kita lelah, belum lagi tugas kantor menumpuk dan pekerjaan rumah yang seakan tidak ada kata selesai menjadikan rasa jenuh dan stres bisa saja muncul. Spa bisa membantu pikiran dan tubuh anda agar segar kembali. Kalau anda punya waktu dan budget yang cukup, tak ada salahnya mencoba spa.

Beragam pilihan paket perawatan tubuh mulai dari ujung rambut hingga ujung kaki bisa anda temukan di pusat spa. Umumnya perawatan yang diberikan seperti berendam di air hangat yang penuh bunga, sauna, waxing, ratus, dan body massage. Setiap perawatan punya manfaat tersendiri untuk tubuh, jadi kami sarankan untuk anda memilih yang paling dibutuhkan ya.

Apa Manfaat Spa Bagi Tubuh?

5 Manfaat Spa Bagi Tubuh, Sehat untuk Jantung

Pada umumnya perawatan spa bisa ditemukan di pusat kesehatan dan kecantikan, di Indonesia pun tidak sulit untuk menemukan tempat yang menawarkan spa. Spa tidak hanya membuat pikiran dan tubuh jadi lebih rileks, namun anda akan merasa lebih nyaman. Apa saja manfaat spa bagi tubuh? Simak di bawah ini.

1. Mengurangi Nyeri dan Ketegangan di Otot

Manfaat spa bagi tubuh yang pertama adalah mengurangi rasa nyeri dan tegang di otot. Memijat tubuh di spa bisa meredakan sakit kepala, nyeri akibat osteoarthritis, efek samping pengobatan kanker, dan nyeri pada bagian punggung.

Pijatan di titik tertentu pada tubuh diyakini mampu melancarkan aliran darah, mengurangi nyeri dan ketegangan di otot yang kaku. Kalau anda merasa tubuh nyeri, kurang berenergi, dan pegal-pegal cobalah spa di lokasi terdekat dan terpercaya.

2. Memberi Efek Relaksasi

Perawatan spa pada umumnya memadukan mandi dengan berendam di air hangat yang nyaman, aroma terapi, dan pijatan pada tubuh dengan suasana yang nyaman memang sangat baik untuk pikiran yang lebih tenang dan rileks. Apalagi kalau anda sudah beberapa waktu belakangan ini merasa stres karena pekerjaan atau keadaan tertentu, cobalah melakukan spa.

Spa mampu merangsang produksi dari hormon endorfin pada tubuh. Bahkan ada beberapa studi yang membuktikan bahwa perawatan spa mampu mengurangi stres dan cemas berlebihan. Ketika anda memutuskan untuk melakukan spa, anda bisa meminta ke terapis untuk memilih minyak aromaterapi yang diinginkan dan memutar musik agar tambah rileks.

3. Membersihkan dan Mencerahkan Kulit

Manfaat spa bagi tubuh yang selanjutnya adalah membersihkan dan mencerahkan kulit. Seiring dengan berjalannya waktu, kulit kita bisa kehilangan elastisitasnya dan kalau tidak dirawat dengan baik maka tanda-tanda penuaan akan muncul lebih cepat. Hal tersebut menyebabkan kulit lebih kusam, muncul kerutan, dan kulit lebih kering. Jumlah kolagen berkurang di kulit menyebabkan hal tersebut.

Untuk memperlambat tanda-tanda penuaan yang muncul di kulit dan membuat kulit lebih segar serta sehat, anda bisa mencoba facial spa dengan penambahan produk anti-aging. Facial spa ini dipadukan dengan totok wajah, manfaatnya mampu merangsang produksi kolagen sehingga kulit lebih sehat, tampak muda, dan pastinya bercahaya.

Tidak hanya pijatan, spa dengan cara berendam di air hangat selama 10 hingga 15 menit diyakini membantu penyembuhan penyakit kulit seperti psoriasis dan eksim.

4. Tidur Lebih Nyenyak

Apakah anda memiliki gangguan tidur? Atau merasa tidur kurang nyenyak dan berkualitas? Cobalah spa dengan manfaat spa bagi tubuh yang begitu beragam. Tidur yang berkualitas sangat penting untuk membantu anda fresh ketika bangun dan melakukan aktivitas dengan lebih bersemangat.

Anda bisa mencoba perawatan spa jika merasa tidur kurang nyenyak. Sudah banyak orang yang membuktikan bahwa spa bisa membantu tidur lebih nyenyak. Pijatan di tubuh saat spa membuat anda lebih tenang dan nyaman, dengan demikian kualitas tidur pun meningkat.

5. Menjaga Kesehatan Jantung

Biasanya ruangan untuk perawatan spa dilengkapi dengan sauna atau alat pemanas khusus di suatu ruangan. Ada penelitian yang mengungkapkan bahwa secara rutin melakukan relaksasi dengan sauna setidaknya dua kali dalam satu minggu mampu menurunkan risiko tekanan darah tinggi dan serangan jantung.

Meski demikian, masih banyak penelitian yang perlu dilakukan mengenai manfaat spa untuk kesehatan jantung. Untuk anda yang memiliki riwayat sakit jantung sebaiknya terlebih dahulu konsultasikan dengan dokter ya sebelum menerapkan spa.

Dari penjelasan manfaat spa bagi tubuh di atas kita bisa mengetahui bahwa spa sendiri mempunyai beragam manfaat baik. Meski demikian, anda juga harus berhati-hati karena spa sendiri tetap memiliki risiko. Kalau anda memilih tempat spa yang tidak terjaga kebersihannya, akan sangat rentan penularan jamur, kuman, dan virus. Jadi sebaiknya pilih tempat spa yang benar-benar berkualitas dan terjaga kebersihannya.

Kemudian anda bisa mencari tahu juga apakah air dan tempat untuk berendam benar-benar bersih dan telah diganti. Perhatikan seberapa sering penggantian dan pembersihan peralatan spa yang dilakukan di pusat spa atau salon kecantikan.

Tidak semua orang bisa melakukan spa, kalau anda memiliki kondisi medis tertentu seperti hamil dan ingin mencoba spa, silakan konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter. Dan jika setelah spa anda merasa ada keluhan pada tubuh, segera temui dokter agar penanganan tepat bisa segera didapatkan.

You may also like

Leave a Comment