Home Kesehatan Tanda Tubuh Kelebihan Gula, Waspada!

Tanda Tubuh Kelebihan Gula, Waspada!

by Dr. Naida
Tanda Tubuh Kelebihan Gula

Di zaman sekarang semakin banyak orang yang lebih sadar akan kesehatan tubuh. Hal ini menunjukkan perkembangan yang baik, apalagi tubuh perlu diperhatikan dengan lebih seksama agar kita bisa lebih baik menjalankan aktivitas sehari-hari dan terhindar dari penyakit. Tapi kalau anda senang dengan makanan manis maka perlu berhati-hati, dan ketahui tanda tubuh kelebihan gula.

Normalnya untuk kadar gula dalam darah sebelum makan adalah 70-100 mg/dL dan setelah makan kurang dari 180mg/dL. Tapi kalau kadar gula di dalam tubuh anda melebihi batas normal tersebut, bisa dikatakan anda menderita hiperglikemia.

Hiperglikemia sendiri adalah kondisi yang tidak bisa diremehkan, karena kadar gula yang tinggi ini jadi penyebab seseorang mengalami diabetes. Maka dari itu anda harus lebih memahami lagi mengenai tanda tubuh kelebihan gula. Dalam pembahasan ini anda akan mengetahui apa saja tanda-tandanya, mari disimak bersama.

Tanda Tubuh Kelebihan Gula

Apa saja tanda tubuh kelebihan gula? Di bawah ini beberapa tanda yang perlu anda perhatikan, antara lain:

1. Mudah Lapar

Berhati-hatilah jika anda lebih gampang lapar dibandingkan biasanya. Karena diabetes tipe 1 dan 2 dapat mengacaukan glukosa, hal tersebut menimbulkan siklus lapar ketika tubuh mengembalikan kadar gula darah di kondisi normal.

Nafsu makan seseorang akan meningkat karena kadar glukosa yang rendah, namun hal ini juga terjadi jika kadar gula darah tinggi. Jika anda mengalami hal tersebut sudah pasti sulit merasa kenyang pada saat kadar gula darah meningkat.

2. Penglihatan Kabur

Penglihatan kabur bisa saja terjadi sebagai tanda tubuh kelebihan gula. Berdasarkan studi yang dilakukan di National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Disease yang berjudul Diabetic Eye Disease, jumlah glukosa yang tinggi di dalam tubuh bisa jadi penyebab gangguan mata. Hal tersebut dikarenakan glukosa yang kadarnya tinggi akan merusak pembuluh darah di area mata.

Bukan hanya penglihatan kabur saja, tanda tubuh kelebihan gula yang lain adalah ketajaman penglihatan akan menurun karena gula dengan kadar tinggi di dalam tubuh akan membuat pembengkakan di lensa mata. Ini yang menjadikan penglihatan anda jadi tidak fokus dan buram.

3. Gampang Lelah

Rasa lelah memang sangat wajar terjadi, namun sayangnya jika anda lebih gampang lelah tentu harus berhati-hati karena itu bisa jadi tanda tubuh kelebihan gula. Bahkan ini jadi pertanda yang paling umum dialami oleh orang-orang.

Bagi penderita diabetes, kondisi mudah lelah mempunyai nama lain yaitu kelelahan diabetes. Faktanya banyak orang yang mengalami hal ini dan terus merasa lelah sepanjang hari meski ia sudah tidur cukup, olahraga rutin, dan mengonsumsi makanan sehat.

Bahkan berdasarkan studi dengan judul Real-Time Associations Between Glucose Levels and Fatigue in Type 2 Diabetes: Sex and Time Effects yang dilakukan di Biological Research for Nursing, kadar glukosa yang tinggi di tubuh wanita akan mempengaruhi tingkat lelah.

Kondisi tersebut disebabkan oleh berbagai hal seperti kondisi kesehatan mental yang terganggu, efek samping dari pengobatan, dan komplikasi yang terjadi karena kadar gula di atas rata-rata.

4. Kulit Bermasalah sebagai Tanda Tubuh Kelebihan Gula

Meski anda sudah merawat kulit dengan baik bisa saja sering timbul masalah karena kadar gula yang tinggi di dalam tubuh. Perlu diketahui bahwa setiap orang punya sensitivitas lonjakan insulin yang berbeda-beda. Dengan lonjakan tersebut menjadikan hormon lain memicu munculnya masalah kulit seperti jerawat yang sering timbul.

5. Gerak Tubuh Melambat

Gerak tubuh melambat bukan karena anda sedang tidak bersemangat, bisa saja hal tersebut terjadi karena kelebihan gula di tubuh anda. Insulin akan meningkat karena gula darah yang tinggi, hal tersebut memicu beragam masalah di dalam tubuh seperti gerak tubuh jadi lebih lambat. Seseorang yang sering mengonsumsi gula dalam jumlah besar mempunyai level gula darah yang makin tinggi juga, inilah yang menyebabkan pasang-surut energi.

6. Berat Badan Turun secara Drastis

Jangan senang dulu jika berat badan anda turun secara signifikan, karena kadar gula dalam darah yang tinggi bisa jadi penyebab akan hal tersebut. Gula yang tetap berada di dalam darah membuat kondisi tersebut dialami seseorang, tanpa alasan yang jelas akhirnya berat badan turun secara drastis.

7. Ingin Makan Makanan Manis

Sulit berhenti saat mengonsumsi makanan atau minuman manis bisa jadi pertanda lainnya. Semakin besar jumlah gula yang anda konsumsi maka makin tinggi juga keinginan untuk mengonsumsi makanan dengan kadar gula tinggi.

8. Nyeri di Kaki

Apakah anda sering mengalami nyeri di kaki? Berhati-hatilah karena kadar gula darah bisa membuat saraf di tubuh rusak, kondisi tersebut dikenal dengan neuropati diabetik. Kerusakan saraf ini bisa muncul di bagian tubuh mana saja, tapi yang paling sering terkena adalah bagian kaki.

9. Luka Lama Sulit Sembuh

Dan tanda tubuh kelebihan gula yang terakhir adalah luka lama sulit untuk sembuh. Penyembuhan luka jadi terhambat karena kadar gula yang begitu tinggi di dalam darah, ini membuat kerusakan di pembuluh darah dan saraf sehingga mengganggu sirkulasi darah di tubuh.

Itulah beberapa tanda tubuh kelebihan gula yang Dr Naida bahas. Dari penjelasan di atas diharapkan anda bisa lebih memperhatikan kesehatan tubuh dan jangan menyepelekan jika ada tanda-tanda kurang wajar dalam tubuh anda. Dan jangan lupa untuk memeriksakan kesehatan secara berkala ya, seperti cek kadar gula darah.

You may also like

Leave a Comment